Studi Literature Review Pengaruh Permainan Bola Tangan Terhadap Efektivitas Belajar Siswa

Penulis

  • Riski Fitriadi Universitas Islam Indragiri Penulis

Kata Kunci:

Permainan bola tangan, efektivitas belajar, pendidikan jasmani, modifikasi pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini merupakan studi literature review yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh permainan bola tangan terhadap efektivitas belajar siswa melalui analisis terhadap sepuluh artikel ilmiah. Kajian dilakukan dengan menelaah hasil-hasil penelitian terdahulu yang menggunakan berbagai metode, seperti eksperimen, penelitian tindakan kelas, dan systematic literature review. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh artikel (100%) sepakat bahwa permainan bola tangan memberikan dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan keterampilan psikomotorik, kognitif, dan afektif siswa, terutama dalam aspek teknik dasar seperti passing, shooting, agility, serta perilaku sosial. Selain itu, modifikasi permainan, penguatan fisik, dan pendekatan model pembelajaran tertentu terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa dalam konteks pendidikan jasmani. Dengan demikian, permainan bola tangan dapat menjadi alternatif pembelajaran yang menarik dan edukatif apabila dikembangkan dengan strategi dan pendekatan yang tepat.

Referensi

Bambang, H. (2018). Modifikasi Permainan Bola Tangan Terhadap Hasil Belajar Passing Dalam Pembelajaran Bola Tangan Mahasiswa. Wahana Didaktika, 16(1), 35–41.

Indonesia, U. P., & Barat, J. (2020). Pengaruh Metode Latihan dan Kemampuan Motorik terhadap Keterampilan Bermain Bola Tangan Effect of Training Methods and Motor Ability on Handball Playing Skills. 20(April), 91–97.

Lesmana, G., Subroto, T., & Rahmat, A. (2024). Efektivitas model pengembangan research and development permainan bola tangan pada pembelajaran penjas sytematic literature review. Jurnal Porkes, 7(1), 277–287. https://doi.org/10.29408/porkes.v7i1.25155

Pangestu, A. H., Cahyono, A. J., Revananda, F., Anggraini, D. N., Prasetya, H. A., Yulianto, E., & Erwanto, B. Y. (2025). Efetifitas Modifikasi Bola Karet terhadap Hasil Shooting dalam Pembelajaran Permainan Bola Tangan ( Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas X SMA Negeri 15 Surabaya ) dengan kondisi yang ada ( Raibowo et al ., 2019 ). Salah satu materi pelajaran yang ada pada dimana bola tangan sediri adalah olahraga beregu yang dimainkan oleh 7 orang pemain dengan ( Ningrum , 2021 ). Cara bermain pada permainan bola tangan sendiri menyerupai tekhnik dasar. 4(April).

Pendidikan, J., Sekolah, J., & Keolahragaan, F. I. (2024). Indonesian Journal for Physical Education and Sport Pada Siswa Kelas V SD Dabin Kecamatan Pekalongan Barat. 5(1), 136–144.

Prasetya, P. Y. (2024). Puthut yuda prasetya.

Rahayu, R., Subroto, T., & Budiman, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Pada Olahraga Permainan Bolatangan. Physical Activity Journal, 1(2), 107. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2172

Setiawan, A., & Rahmat, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Bola Tangan Terhadap Perilaku Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 89. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10188

Diterbitkan

31-07-2025

Cara Mengutip

Studi Literature Review Pengaruh Permainan Bola Tangan Terhadap Efektivitas Belajar Siswa. (2025). Jurnal Multidisiplin Riset, 1(2), 78-85. https://ejournal.pisma.id/index.php/jmr/article/view/16