Pengaruh Pemberian Tugas Resume Kelompok Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di SMP N 1 Jujuhan

Penulis

  • Bekti Ambar Wati SMPN 1 Jujuhan Penulis
  • Estu Widi SMPN 1 Jujuhan Penulis

Kata Kunci:

Learning Activities, Resume Assignments, Group Learning, Active Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas resume kelompok terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Jujuhan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari 62% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Siswa menjadi lebih aktif berdiskusi, mengemukakan pendapat, dan menyusun resume secara kolaboratif. Pembelajaran menjadi lebih hidup dan interaktif. Pemberian tugas resume kelompok terbukti mampu meningkatkan keterlibatan, komunikasi, dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, strategi ini direkomendasikan sebagai alternatif pendekatan pembelajaran aktif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa secara komprehensif dan berkelanjutan.

Referensi

[1] Astuti, D. M. (2020). Pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 34–41.

[2] Hasanah, U., & Malik, R. (2021). Implementasi strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan partisipasi siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 9(1), 15–23

[3] Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2019). Cooperation and the Use of Cooperative Learning. Interaction Book Company.

[4] Nugroho, A., & Lestari, E. (2020). Implementasi tugas resume kelompok dalam pembelajaran daring. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(2), 112–120.

[5] Rahayu, D., & Utami, S. (2020). Strategi pembelajaran aktif melalui metode resume kelompok. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(3), 88–95.

[6] Rahmawati, D. (2022). Aktivitas belajar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA siswa. Jurnal Pendidikan dan Sains, 10(1), 23–31.

[7] Suryani, A. (2021). Aktivitas siswa dalam pembelajaran berbasis proyek. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(1), 55–64.

[8] Syahputra, F. (2018). Penerapan tugas kelompok dalam meningkatkan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 13–20.

[9] Wijayanti, L., & Prasetyo, A. (2017). Peningkatan aktivitas belajar melalui pembelajaran berbasis proyek. Jurnal Pendidikan Modern, 5(2), 89–97.

Diterbitkan

28-04-2025

Cara Mengutip

Pengaruh Pemberian Tugas Resume Kelompok Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di SMP N 1 Jujuhan. (2025). Jurnal Persada Edukasi, 1(1), 9-11. https://ejournal.pisma.id/index.php/jerdaksi/article/view/26