Kebijakan Peer Review

Jurnal Persada Edukasi (JerDaksi) menerapkan proses peer review yang ketat untuk memastikan kualitas dan keandalan setiap artikel yang diterbitkan. Proses ini bertujuan menyediakan platform terpercaya bagi para peneliti untuk membagikan temuan dan wawasan terbaru dalam bidang pendidikan, sosial, dan humaniora.

Karakteristik Peer Review:

  • Setiap naskah yang masuk akan dievaluasi oleh minimal dua reviewer independen yang memiliki keahlian sesuai dengan topik artikel.
  • Identitas penulis dan reviewer dirahasiakan (double-blind review) untuk menghindari bias dalam proses penilaian.
  • Reviewer dipilih berdasarkan keahlian, pengalaman, dan kontribusinya dalam komunitas ilmiah.

Kriteria Penilaian:

  • Orisinalitas dan kontribusi ilmiah dari naskah.
  • Ketepatan metodologi dan relevansi topik yang dibahas.
  • Kejelasan dalam penyajian data dan interpretasi hasil.
  • Dampak terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik di bidang pendidikan, sosial, dan humaniora.

Keputusan Editorial:

  • Editor bertanggung jawab atas keputusan editorial berdasarkan hasil penilaian reviewer.
  • Keputusan mencakup: diterima tanpa revisi, diterima dengan revisi minor/major, atau ditolak.
  • Penulis akan menerima umpan balik konstruktif untuk perbaikan naskah apabila diperlukan.

Komitmen terhadap Kualitas:

  • Kami berkomitmen menjaga standar tinggi dalam proses peer review.
  • Kami menghargai kontribusi reviewer dalam meningkatkan kualitas artikel yang diterbitkan.
  • Kami mendukung penulis agar dapat menerbitkan karya ilmiah berkualitas yang bermanfaat bagi komunitas ilmiah dan praktisi.

Kami mengundang para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan, sosial, dan humaniora untuk terlibat dalam proses peer review dan berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan.