Pengembangan Media Pembelajaran Pick Me Up Tema Kendaraanku Untuk Mendukung Merdeka Belajar Anak Usia Dini

Penulis

  • Tri Rahmawati TK Pandu Ilmi Persada Penulis
  • Tesya Novita TK Pandu Ilmi Persada Penulis

Kata Kunci:

Plomp, Learning Media, Pick Me Up, Independent Learning, Early Childhood

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif "Pick Me Up" bertema "Kendaraanku" untuk mendukung konsep Merdeka Belajar di TK Pandu Ilmi Persada Sari Mulya. Metode pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang meliputi tiga tahap: penelitian pendahuluan, pengembangan/prototipe, dan penilaian. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelompok B. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, observasi aktivitas, dan angket respons guru dan anak. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan, dengan persentase validitas sebesar 92% dari ahli media dan 90% dari ahli materi. Media ini meningkatkan aktivitas belajar, partisipasi, dan kemandirian anak. Penelitian ini menekankan pentingnya media kontekstual dan interaktif dalam mendukung implementasi Merdeka Belajar pada program pendidikan anak usia dini.

Referensi

[1] Putri, A. R., dkk. (2020). Pengembangan Media Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(1), 34–42.

[2] Sari, D. P., & Andriani, R. (2019). Media Edukatif dalam Pembelajaran Tematik PAUD. Jurnal Obsesi, 3(2), 80–88.

[3] Wulandari, E., et al. (2021). Media Pembelajaran Interaktif untuk Anak PAUD. Jurnal Pendidikan Anak, 5(3), 100–109.

[4] Yuliani, K. S. (2018). Kurikulum PAUD Berbasis Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 55–63.

[5] Hapsari, I. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Mengenalkan Konsep Kendaraan pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 23–29.

[6] Ramadhani, T. & Nurjanah, S. (2022). Analisis Implementasi Merdeka Belajar pada PAUD. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(1), 70–78.

[7] Lestari, P. (2021). Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif di TK. Jurnal Edukasi Anak, 7(1), 40–47.

[8] Maulida, H. (2019). Pengaruh Media Interaktif terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal Ilmiah PG-PAUD, 3(2), 51–58.

[9] Anisa, S., & Fitri, M. (2020). Media Tempel Edukatif untuk TK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak, 4(1), 35–42.

[10] Kusumawati, R. (2023). Desain Media Edukatif Berbasis Velcro. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak, 2(2), 88–95.

[11] Fauziah, I. (2017). Efektivitas Media Permainan Edukatif di PAUD. Jurnal PAUD Holistik, 3(1), 26–32.

[12] Kurniasari, H. (2024). Evaluasi Pengembangan Media Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Nasional, 8(1), 12–19.

Diterbitkan

28-04-2025

Cara Mengutip

Pengembangan Media Pembelajaran Pick Me Up Tema Kendaraanku Untuk Mendukung Merdeka Belajar Anak Usia Dini. (2025). Jurnal Persada Edukasi, 1(1), 20-23. https://ejournal.pisma.id/index.php/jerdaksi/article/view/25