Pengembangan Alat Peraga “BAPER” Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
Kata Kunci:
Teaching Aids, BAPER , Natural and Social Sciences, Learning OutcomesAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa proses pembelajaran IPA cenderung monoton, sehingga kurang memotivasi siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengembangkan alat peraga “BAPER” (Balon Pernapasan). Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Jenis data dalam pengembangan alat peraga “BAPER” adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan angket. Analisis data meliputi analisis validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Hasil validitas alat peraga “BAPER” menunjukkan bahwa hasil validasi bahasa memperoleh 0,97%, validasi media memperoleh 0,83%, validasi modul memperoleh 0,87%, dan validasi materi memperoleh 0,85% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dari respon pendidik memperoleh 93,75% dengan kategori sangat praktis, sedangkan hasil uji praktikalitas dari respon siswa memperoleh 100% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas pretes dan postes menunjukkan skor N-Gain sebesar 85,01% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan alat peraga "BAPER" berada dalam kategori sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif.
Referensi
[1] Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis pedagogical content knowledge terhadap buku guru IPAS pada muatan IPA sekolah dasar kurikulum merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187.
[2] Cholilah, M., Gratia Putri Tatuwo, A., Prima Rosdiana, S., & Noor Fatirul, A. (n.d.). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. 01(02), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02
[3] Estuhono, E., Aditya, A., & Asmara, D. N. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Research Based Learning Menggunakan Pageflip Application Pada Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 159–168. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.483
[4] Estuhono, E., Anggrayni, M., & Aprido, T. (2025). Pengembangan Alat Peraga Alam Kapas (Alarm, Lampu, Dan Kipas Angin Panel Surya) Untuk Menumbuhkan Literasi Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 6(1), 25–32. https://doi.org/10.52060/jipti.v6i1.2278
[5] Estuhono, E., Subhan, M., & Hopipah, R. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Kinemaster Application Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 437–445. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1414
[6] Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT, 02(05). https://lipi.go.id/id/
[7] Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
[8] Rahmawati, D. Y., Wening, A. P., Sukadari, S., & Rizbudiani, A. D. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPAS sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2873–2879.
[9] Telaumbanua, Y. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Pada Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pecahan. Jurnal Dharmawangsa, 14 (4), 710-722. https://doi.org/10.46576/wdw.v14i4.900
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Persada Edukasi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

