Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa SMPN 1 Sitiung

Penulis

  • Ermaniati SMPN 1 Sitiung Penulis

Kata Kunci:

Peer Tutoring Method, Learning Activities, Learning Outcomes , Science

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penerapan metode tutor sebaya. Penelitian dilakukan di kelas IX/A SMP Negeri 1 Sitiung dengan jumlah peserta didik 30 orang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode tutor sebaya mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa dari 58,3% pada siklus I menjadi 82,1% pada siklus II. Selain itu, ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 60% menjadi 86,7%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan tutor sebaya mendorong siswa untuk lebih aktif, kooperatif, dan memahami materi lebih dalam. Metode ini efektif dalam pembelajaran IPA karena menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, serta mendukung perkembangan keterampilan sosial dan pemahaman konseptual siswa.

Referensi

[1] Agustina, L., & Hidayat, R. (2019). Peer tutoring dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 115–123.

[2] Anwar, S. (2016). Strategi belajar aktif dengan tutor sebaya. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 45–52.

[3] Damayanti, D., & Suryadi, A. (2017). Pengaruh tutor sebaya terhadap prestasi belajar IPA. Jurnal Edukasi, 5(3), 99–108.

[4] Fitriani, R. (2020). Penerapan peer tutoring pada pembelajaran IPA berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Sains, 8(2), 80–87.

[5] Haryanto, B. (2018). Model pembelajaran kooperatif dalam IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 65–72.

[6] Isjoni. (2020). Pembelajaran Kooperatif dan Aktivitas Siswa. Bandung: Alfabeta.

[7] Mardiana, S. (2022). Efektivitas metode tutor sebaya dalam pembelajaran daring dan luring. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 23–31.

[8] Nurhasanah, S. (2019). Meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui peer teaching. Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 7(2), 50–57.

[9] Nursalim, A. (2018). Pembelajaran kolaboratif dan interaksi siswa. Jurnal Pendidikan Modern, 12(3), 128–134.

[10] Prasetyo, D., & Wulandari, A. (2016). Penggunaan tutor sebaya di kelas IX SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 145–152.

[11] Ramdani, E., & Fitria, L. (2020). Peningkatan hasil belajar dengan peer tutoring. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 14(1), 29–36.

[12] Siregar, M., & Andini, R. (2016). Pengaruh pembelajaran teman sebaya terhadap partisipasi siswa. Jurnal Pendidikan Interaktif, 5(1), 70–78.

[13] Utami, D., & Wardani, M. (2021). Peer tutoring sebagai strategi pembelajaran efektif. Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 12–20.

[14] Wahyuni, S., et al. (2017). Penerapan tutor sebaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 45–53.

[15] Yuliana, M. (2019). Implementasi tutor sebaya pada pembelajaran IPA terpadu. Jurnal Pendidikan Terpadu, 3(1), 33–41.

Diterbitkan

28-04-2025

Cara Mengutip

Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa SMPN 1 Sitiung. (2025). Jurnal Persada Edukasi, 1(1), 12-15. https://ejournal.pisma.id/index.php/jerdaksi/article/view/28