Pengembangan Alat Peraga Inovatif Sel Surya Sumber Energi Alternatif Sebagai Stimulan Kreativitas Berpikir Peserta Didik
Kata Kunci:
Teaching Aids, Solar Cells, Alternative Energy, Creative ThinkingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga inovatif berbasis sel surya sebagai media pembelajaran energi alternatif yang dapat merangsang berpikir kreatif siswa di SDN 189/II Sari Mulya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pada tahap Define, dilakukan analisis kebutuhan; pada tahap Design, prototipe alat dirancang; pada tahap Develop, dilakukan validasi ahli dan uji coba terbatas; dan pada tahap Disseminate, dilakukan diseminasi terbatas. Hasil validasi menunjukkan bahwa alat ini sangat layak digunakan. Uji coba pada 25 siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan pada aspek berpikir kreatif (kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, elaborasi). Alat peraga ini juga memberikan pengalaman nyata dalam memahami energi alternatif. Temuan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis praktik kehidupan nyata dapat meningkatkan daya tarik dan efektivitas pembelajaran sains di sekolah dasar. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut dalam skala yang lebih luas untuk mendukung pendidikan berwawasan lingkungan.
Referensi
[1] Amelia, R., dkk. (2018). Penggunaan media energi terbarukan dalam pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 101-109.
[2] Hasanah, L., & Herlina. (2022). Pengembangan media pembelajaran inovatif berbasis energi alternatif. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 35-44.
[3] Nasution, F., & Nuraini, T. (2016). Model pembelajaran berbasis lingkungan untuk anak usia SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 143-150.
[4] Rahmawati, D., & Prasetyo, Y. (2020). Meningkatkan kreativitas berpikir siswa melalui alat peraga kontekstual. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA, 6(1), 78-89.
[5] Sari, I. & Nugroho, R. (2017). Persepsi siswa tentang energi alternatif dan pemanfaatannya. Jurnal Sains dan Teknologi, 3(2), 56-63.
[6] Setiawan, D. & Heryanto, T. (2018). Solar panel sebagai media pembelajaran IPA SD. EduTech Journal, 9(3), 44-52.
[7] Wijaya, Y., dkk. (2020). Pembelajaran abad 21: keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 7(1), 15-24.
[8] Hartati, S. & Lestari, W. (2019). Kreativitas siswa dalam pembelajaran berbasis proyek energi surya. Jurnal Teknologi Pendidikan Dasar, 11(2), 66-75.
[9] Mulyani, E. (2021). Inovasi alat peraga IPA untuk sekolah dasar. Jurnal Edukasi Sains, 5(3), 109-118.
[10] Sudirman, R., & Anggraeni, D. (2018). Media eksperimen IPA untuk anak usia SD. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 29-37.
[11] Fatmawati, Y. (2016). Pentingnya stimulasi kreativitas pada siswa SD. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(2), 91-98.
[12] Kurniawati, N., dkk. (2019). Project-based learning untuk energi terbarukan. Jurnal Inovasi Kurikulum, 11(1), 47-56.
[13] Pranoto, H., & Sulastri, N. (2017). Model eksperimen sains untuk anak usia dasar. Jurnal Pendidikan IPA, 6(2), 130-138.
[14] Yusuf, A., dkk. (2022). Implementasi media sel surya dalam pembelajaran tematik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 22-30.
[15] Lestari, D., & Nugraha, T. (2023). Efektivitas media energi alternatif untuk siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 13(2), 111-120.
[16] Estuhono, Festiyed & Bentri, A. Preliminary research of developing a research-based learning model integrated by scientific approach on physics learning in senior high school. Journal of Physics: Conf. Series 1185 (2019) 012041
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Persada Edukasi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

